DINDING

DINDING
Oleh : Cahyo Nayaswara

Jakarta sibuk

Jakarta mencari

Jakarta mengais

semua cara dihalalkan

semua upaya dilegalkan

 

hukum hanyalah permainan petak umpet

antara dalil ayat dan pasal-pasal

 

politik hanyalah permainan keserasian

antara corak, warna, model dan gaya

 

Agama, hanyalah permainan perayaan

antara per-ingat-an dan per-ibadat-an

antara amal, pahala dan dosa

antara keyakinan dan aturan moral

agar hidup ini tertata dan teratur

sekalipun dalam sekat-sekat keberagamannya

 

apakah yang terjadi

jika sekat keberagaman itu dicabut

kemudian manusia tunduk dan sepakat

dalam satu iman

dalam satu paham

dalam satu Tuhan ?

 

sekat itu adalah dinding besi

yang mengantarai dua buah gunung

dicor dengan tembaga panas yang dituangkan

oleh Zulkarnain nabi Allah

kemudian dia berkata :

“bila waktunya telah tiba

maka Tuhanku akan meluluhkan dinding ini

reruntuhannya akan menghimpit

ya’juj wama’juj ke dasar perut bumi

karena dia suka bermusuh-musuhan

kemudian Tuhanku akan mempersatukan kalian

lalu menaungi kalian kembali

karena Dia telah memisah-misahkan kalian

dalam sekat-sekat agama

dan aliran-aliran kepercayaan

 

Tuhanku akan mendekatkan diriNya pada kalian

karena sejak dulu Ia selalu jauh

dan sengaja menjauhi kalian

 

Tuhanku maha suci

karena kesucian nama-Nya sehingga

Dia bersembunyi di dalam Allah

Dialah inti daripada Allah

Dialah Tuhan di dalam zat Allah

Dialah pemilik sifat-sifat Allah

Dialah pemilik cahaya-cahaya Allah

Dialah Tuhan yang memiliki sebuah nama

nama Tuhanku adalah AL-HIDIR

 

Dia akan merubuhkan dinding tembaga ini

Dia akan mempersatukan umat manusia

Dia akan membuktikan secara nyata

di hadapan kita semua bahwa

Dialah Tuhan Semesta Alam

Pencipta dan Pemilik segalanya

Dialah Tuhan yang sebenar-benarnya

Dialah Tuhan yang selama ini disembah

dan dipuja oleh semua agama-agama

dengan segala ritual dan tata cara peribadatan yang berbeda

namun tujuannya hanyalah Satu

Yaitu ; Tuhan kita AL Hidir”.

 

 

 

Jakarta, 01 Juni  2012

catatan:

Cahyo Nayaswara biasa disapa mas Cahyo adalah seniman dan budayawan muslim yang tergabung dalam HSBI (Himpunan Seni Budaya Islam) yang berkantor pusat di Lantai Dasar Mesjid Istiqlal Jakarta. Aktif menulis puisi terutama puisi-puisi yang bertema religius. Setelah mas Cahyo membaca secara seksama dan berulang-ulang GERAKAN ALMAHDI, mas Cahyo  terinspirasi membuat puisi religius yang berjudul “dinding”. Mas Cahyo berniat akan menulis dan terus menulis, karena GERAKAN ALMAHDI  telah membuka cakrawala berfikir kritis mas Cahyo dalam mencari kebenaran sejati. Mas Cahyo membuka diri dan ingin sharing pendapat kepada siapapun yang telah membaca GERAKAN ALMAHDI. Pengetahuan kita pada hakekatnya sama karena kita sama-sama tidak tahu siapa nama penulis GERAKAN ALMAHDI. Beliau adalah penulis yang penuh dengan misteri kalau tidak ingin dikatakan sebagai penulis yang menyembunyikan dirinya. GERAKAN ALMAHDI memang telah member hikmah yang luar biasa kepada Mas Cahyo. Sangat banyak pengetahuan dan pelajaran berharga yang Mas Cahyo bisa ambil setelah membaca GERAKAN ALMAHDI. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmatNya dan mencurahkan kasih-sayangNya kepada penulis GERAKAN ALMAHDI. Amin.

Iklan

9 comments on “DINDING

  1. Puri Indah berkata:

    “sekat itu adalah dinding besi yang mengantarai dua buah gunung dicor dengan tembaga panas yang dituangkan oleh Zulkarnain nabi Allah” dimanakah letak Sekat Tsb???? Mohon Penjelasan. Terimakasih. wassalamualaikum

  2. zainal berkata:

    Semoga allah membukakan pintu rahmat untuk hambanya yg slalu menuntut ilmu dijalannya.

  3. Wa Iya berkata:

    1. Salam kenal.
    2. Saya baru tau kalau “nama Tuhanku adalah AL-HIDIR”.
    3. Kapan2 kita ketemuan aja di selasar Masjid Istiqlal kalau saya kebetulan ke Jakarta, ya Mas Cahyo. Kita dialog, ok?

  4. jamal berkata:

    sering sekali blog ini saya kunjungi, dengan harapan ada tambahan pengetahuan menuju Tauhid.
    berulang – ulang pula saya membaca fatehah yang diawali dengan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM : “dgn NAMA ALLAH Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. saya Garis Bawahi NAMA ALLAH segalanya saya kembalikan Pada NYA yang Maha Sempurna, akhirnya saya mendapat keyakinan yang teguh bahwasanya ALLAH punya NAMA dan nama itu adalah AL HIDIR. Terimakasih mas Cahyo telah menuliskan sesuatu yang SANGAT BERHARGA.

  5. sudirman berkata:

    halo mas cahyo sy setuju dgn pendapat anda dilanjut tks

  6. Ramdan berkata:

    Assalamu’alaykum
    Sodaraku..!!!ane cuma mau mengingatkan saja kpd antum semua yang membaca artikel ini,mohon di cermati lagi terutama jika membaca sumber yang di cantumkan di atas dengan Judul “GERAKAN ALMAHDI” dengan URL ( http://gerakanalmahdi.wordpress.com/ ). Setelah ane baca baru setengah saja sudah banyak yang bertentangan dengan ajaran Baginda Rosulullah Muhammad S.A.W. diantara keganjilanyang ane dapatkan adalah :

    1. Dalam artikel tersebut dikatakan “ISA”adalah nama yang penuh dengan misteri. Dalam huruf hijaiyyah (arab), huruf Alif berbaris bawah di sebut dengan “I”. Tulisannya I. Maknanya adalah Cahaya Bayangan Nyata TUHAN (ALMASIH / MASEAS) berada di bumi”.
    Padahal yang saya temukan di Al-qur’an penulisan ‘Isa menggunakan hurf ‘AIN bukan hurf ALIF. jelas ini bertentangna dengan risalah yang di bawa oleh Baginda Rosulullah S.A.W.

    2. Saat menjelaskan kehidupan nabi Ibrohim As. yang berhubungan dengan kurban Ada kalimat yang mengatakan bahwa hari Tasyrik adalah tanggal 10,11,dan 12 Dulhijjah, padahal yang benar adalah 11,12 dan 13 sedangkan tanggal 10 adalah Hari Raya Iid.

    3. Yang lebih parah lagi di bagian pertengahan artikel ada kalimat “Dalam Penciptaan Awal, yang pertama-tama diciptakan TUHAN adalah BayanganNya Sendiri. Bayangan itu disebut dengan nama ALLAH. Bila bayangan itu bersosok dan berwujud, maka sosok atau wujud itu disebut dengan nama NABI HIDIR. Bayangan ini tunduk dan taat (sifat menurut) pada Pemilik Bayangan tersebut. Tidak ada yang bisa sampai kepada TUHAN. Semua manusia hanya sampai kepada Bayangan-Nya. Jika bayangan-Nya dinamakan ALLAH atau didalam sosok Gaib dinamakan NABI HIDIR, maka secara akal sehat kita akan membenarkan jika Pemilik Bayangan tersebut (TUHAN) juga memiliki sebuah Nama”.
    Ini jelas Menodai Kebesaran dan Kesucian Allah S.W.T yang menyamakan-NYA dengan Sifat makhluk ciptaannya yang memiliki bayangan dan memiliki bawahan-bawahan lagi, ini jelas menyesatkan. dan ada satu lagi kalimat yang lebih sesat lagi “Hai Manusia !!!, Nama TUHAN kamu yang sesungguhnya adalah AL HIDIR. DIA- lah TUHAN Yang Maha Pencipta !!!, DIA-lah TUHAN Semesta Alam !!!”.
    yang ini lebih jelas kesesatannya, karena sudah bertentangan dengan Al-qur’an tentang siapa Khidir yang di jelaskan sebagai Nabi Allah, dan Sesat karena telah menjelaskan Bahwa ada Tuhan menciptakan Tuhan yang Lainnya, yang sudah jelas di jelaskan dalam surat Al-Ikhlas ayat 1-4 yang menjelaskan Ke-Esaan Allah dan Kesempurnaan-Nya,dan Jelas ini sangat menyesatkan. jika ini di baca oleh orang-orang yang memiliki landasan pemahaman aqidah yang kurang maka akan membahayakan umat Islam secara Global.

    Masih banyak lagi penyimpangan-penyimpangan yang lainnya yang tidak saya ungkap di sini, mohon kepada Akhi Fillah untuk di cermati apa yang ada di internet tidak semuanya benar dan tidak semuanya sesat, tapi untuk hal yang satu ini saya bisa pastikan ini menyimpang jauh dari Aqidah islam Yang Dibawa Rosulullah S.A.W.

    Pesan ane harap Akhi wa ukhti fillah berhati-hati dengan artikel yang URL-nya ane cantumkan di atas. sekarang kita hidup di periode ke 4 dari 5 periode yang Rosulullah Khabarkan, Dajjal akan semakin banyak tentaranya untuk menyesatkan kita dan akan menjerumuskan kita, jadi saya harap berhati-hatilah sodaraku….!!!!

  7. ADM berkata:

    Kami mohon maaf selaku Admin BLOG berbudayaislami.wordpress.com belum bisa menghadirkan nara sumber untuk menjawab pertanyaan2 diBLOG ini. kami mengidentifikasi Bapak CAHYO NAYASWARA hadir dalam blog http://satriopiningitmuncul.wordpress.com , untuk itu silahkan forward komentar2 anda sekalian ke BLOG tsb diatas. TERIMA KASIH.

  8. ADM berkata:

    MOHON MAAF RUANG KOMENTAR KAMI TUTUP disebabkan kami tidak dapat menghadirkan NARASUMBER untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Trimakasih.

    catatan : untuk sekedar informasi bahwa Kami mengidentifikasi CAHYO NAYASWARA hadir menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung di http://satriopiningitmuncul.wordpress.com dikarenakan di blog tersebut terdapat pula Tulisan Beliau.

Komentar ditutup.